SMAS Katolik St. John Paul II Maumere Gelar Ujian berbasis Android untuk Peserta Didik Kelas X dan XI

Maumere, 7 Juni 2023

Sejak senin, 5 Juni 2023 SMAS Katolik St. John Paul II Maumere melaksanakan ujian berbasis android sebagai bagian dari evaluasi akhir bagi siswa-siswi kelas X dan XI. Ujian ini merupakan langkah inovatif yang diambil sekolah untuk menggantikan ujian tradisional berbasis kertas dan pensil.

Dalam pelaksanaan ujian ini, peserta didik menggunakan android yang dimiliki. Seluruh ruang kelas dilengkapi dengan fasilitas  jaringan internet yang memadai, sehingga memungkinkan setiap siswa untuk mengakses soal-soal ujian dengan mudah.

Ujian berbasis android ini tidak hanya memberikan keuntungan praktis dalam hal efisiensi waktu, tetapi juga menawarkan beberapa keunggulan lainnya. Pertama, format ujian ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk terbiasa dengan teknologi dan tampilan komputer, yang merupakan keterampilan yang penting di era digital saat ini.

Kedua, sistem ujian ini memungkinkan penilaian yang lebih akurat dan cepat. Setelah siswa menyelesaikan ujian, hasil langsung dikirim ke server sekolah untuk dinilai secara otomatis oleh perangkat lunak. Hal ini memungkinkan pengolahan nilai yang lebih cepat dan mengurangi risiko kesalahan dalam penilaian.

Sistem ujian ini didesign dengan keamanan yang cukup sehingga peserta didik tidak akan bisa untuk membuka tab lain selain tab ujian. "banyak yang menawarkan jenis aplikasi ujian android, tetapi kelemahannya adalah peserta didik masih bisa membuka tab lain, maka kami membuat aplikasi sendiri berbasis android yang keamanannya cukup mumpuni", tegas RD. Fidelis Dua sebagai penanggung jawab ujian. 

Para orang tua menyatakan kepuasannya dengan pelaksanaan ujian ini. Bapak Yohanes, salah satu orang tua peserta didik SMAS Katolik St. John Paul II, mengatakan, "Kami senang melihat siswa-siswi kami mampu menghadapi ujian ini dengan baik. Mereka menunjukkan kemampuan teknologi yang baik dan dapat mengatasi tantangan baru dengan percaya diri."

Selain itu, siswa-siswi juga memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan ujian  ini. Maria, salah satu siswi kelas XI, mengatakan, "Saya merasa lebih nyaman mengikuti ujian dengan android. Saya dapat dengan mudah mengubah jawaban dan melihat waktu yang tersisa. Ini memberikan pengalaman ujian yang lebih baik bagi kami."

Pelaksanaan ujian berbasis android di SMAS Katolik St. John Paul II merupakan contoh nyata bagaimana teknologi dapat diterapkan dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik bagi siswa. Diharapkan langkah ini dapat menginspirasi sekolah lain untuk mengadopsi metode serupa guna menciptakan proses evaluasi yang lebih modern dan efektif.
Bagikan :

Tambahkan Komentar

 Terimakasih! Komentar anda telah terkirim   Refresh
Error: Maaf, silakan coba lagi